Tuesday, August 21, 2018

Ragam Jenis Domain yang Umum di Indonesia




Ilmu pengetahuan teknologi bukan hanya bercirikan dengan banyaknya benda yang canggih seperti misalnya smartphone, namun dunia maya pun adalah ciri dari meningkatnya teknologi sehingga banyak istilah-istilah internet seperti, website, blog, cloud hosting, ataupun domainkhususnya domain Indonesia.

Mengenal lebih jelas tentang domain serta bagian-bagiannya
Domain adalah sebuah nama yang digunakan agar dapat mengidentifikasi atau mengenali nama-nama server yang ada di komputer di semua jaringan yang ada di internet. Sehingga memberi nama domain menjadi sangat diperlukan karena akan sangat berguna serta memberikan kemudahan terutama bagi para pengguna internet. Tanpa mengenal IP address, pengguna internet dapat melakukan akses ke server yang akan dituju. Hal tersebut tentu sangat mudah dan juga praktis.

Selanjutnya nama domain juga dikenal sebagai kesatuan dari sebuah situs terutama situ website. Sehingga nama domain juga dikenal dengan “URL”. Contoh-contoh mudahnya seperti facebook(dot)com yang merupakan salah satu jejaring sosial, google(dot)com sebagai search engine, atau domainesia(dot)com situs yang menyediakan layanan jasa registrasi untuk membeli hosting terbaik dan domain dengan harga terjangkau.

Jenis-jenis domain
Banyak jenis-jenis domain, biasanya juga tergantung atau berkaitan dengan cara dari mendapatkan domain tersebut. Misalnya dengan cara berbayar ataupun gratis. Namun berikut terdapat jenis-jenis domain yang disebut sebagai Top Level Domains atau disingkat menjadi TLD. Penggunaan domain ini meluas karena dapat diakses secara global dan juga tidak terbatas dengan wilayah ataupun nama dari suatu negara.Di antara jenis-jenis tersebut yaitu sebagai berikut ini;
·         Com
Biasanya digunakan oleh website dari perusahaan atau memiliki kepentingan untuk mendapatkan keuntungan secara komersial.
·         Org
Digunakan oleh mereka yang membuat website untuk organisasi.
·         Net
Network Infrastructure umumnya menggunakan domain ini. Sesuai dengan namanya.
·         Info
Tipe domain ini diperuntukan bagi kepentingan informasional di website.
·         Name
Kepentingan keluarga atau cenderung lebih personal menggunakan tipe domain ini.
·         Edu
Seperti halnya domain “org” dari organisasi, domain “edu” ditujukan untuk kepentingan website mengenai pendidikan, dan hal tersebut terbatas pada dunia tersebut.

Selain yang di atas, terdapat pula tipe domain yang disebut dengan ccTLD’s atau singkatan dari Country Coded Top Level Domains. Tipe ini adalah domain khusus yang hanya digunakan pada suatu negara. Sehingga tergantung dari di mana negara tersebut atau domain yang disesuaikan dengan negara tersebut. Berikut di antaranya yaitu;
·         Indonesia menggunakan -.id yang terbagi menjadi domain khusus atau juga biasa disebut sebagai subdomain, yaitu;
·         or.id yang digunakan untuk organisasi.
·         go.id digunakan untuk pemerintahan.
·         co.id digunakan sebagai website yang bergerak di bidang komersial.
·         ac.id digunakan oleh pendidikan tinggi seperti misalnya universitas.
·         sch.id ditujukan untuk sekolah-sekolah.
·         net.id yaitu untuk Internet Provoder.
·         web.id biasanya digunakan secara umum. Dengan kata lain tidak mengkhususkan.
·         Singapura menggunakan -.sg
·         Malaysia menggunakan -.my

Menggunakan domain untuk alamat website merupakan hal penting atau kunci dari suksesnya website yang dibuat. Meskipun menggunakan layanan registrasi domain secara berbayar, namun bagi website dengan skala besar, cara ini akan sangat memberikan keuntungan. Misalnya para pemilik toko online, dengan menggunakan layanan domain adalah hal yang sangat disarankan. Mengingat bahwa produk-produk yang dijual harus diketahi secara luas.

Minimal menggunakan domain yang khusus di Indonesia, karena jika menggunakan domain secara internasional. Maka biaya pembuatanpun akan lebih bertambah. Namun sebelum memikirkan domain apa yang akan digunakan, hal paling penting adalah mengetahui bagaimana cara buat website baik mandiri maupun dengan menggunakan layanan jasa.

No comments:

Post a Comment

Hal Dari Vps Indonesia Yang Menjadikan Paling Umum Digunakan

Vps Indonesia beragam-ragam memiliki spesifikasi. Ada yang murah namun, tetap menunjukkan performa dengan baik, ada juga yang menyedia...